Home » » Alur Administrasi Penanganan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas

Alur Administrasi Penanganan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas


PENDAHULUAN

            Disetiap puskesmas atau disarana kesehatan lain pasti ada yang namanya alur administrasi penanganan pasien rawat inap atau yang biasa disebut dengan rekam medis yang merupakan bagian terpenting yang harus dimiliki puskesmas atau sarana kesehatan lainnya.

            Rekam medis ini merupakan berkas atau dokumen berupa tulisan atau gambar daam masalah kesehatan yang berisikan tentang data diri pasien dan keluarga, penyakit yang sebelumnya diderita, hal-hal apasaja yang harus dilakukan dan yang tidak harus dilakukan si pasien, obat dan penanganan seperti apa yang harus disajikan dan rekam medis juga berisi hasil dari penanganan tersebut dan perkembangannya.

            Tujuan dari rekam medis itu sendiri adalah untuk menertibkan administrasi dan agar tidak salah mengambil tindakan dalam upaya meningkatkan pelayanan dibidang kesehatan.

            Untuk alur administrasi penanganan rawat inap itu sendiri terdiri dari:
  1. Pasien mengisi berkas/formulir yang disediakan oleh puskesmas itu sendiri.
  2. Pihak puskesmas mencari data apakah pasien itu pernah berobat di puskesmas itu ata belum. (jika sudah, pasien harus membawa kartu identitas dari puskesmas itu. Kalau belum, pihak puskesmas akan memberikan kartu identitas dan harus dibawa setiap berobat di puskesmas itu)
  3. Memeriksa kondisi pasien apakah harus rawat jalan atau rawat inap. (ini dilakukan oleh dokter di puskesmas tersebut)
  4. Setelah diputuskan untuk rawat inap, pihak keluarga akan diminta untuk melengkapi administrasi sebagai uang muka agar pasien dapat ditangani. Jika memempunyai askes atau jaminan kesehatan lain dapat ditujukan.
  5. Selama pasien ditangani, pihak keluarga harus tahu penyakit dan perkembangan pasien.
  6. Pihak keluarga harus ssiap dimintai biaya untuk keperluan pasien.
  7. Ketika pasien sudah dinyatakan membaik dan diperbolehkan untuk pulang, pihak puskesmas akan melihat dan moncocokkan data apakah ada yang salah atau tidak, apakah ada biaya yang belum terbayarkan atau sudah lunas. Juga memberikan saran kepada pasien.
  8. Ketika semua selesai, petugas puskesmas membuat laporan tentang berbagai informasi saat pasien rawat inap.
dimata kuliah bahasa indonesia semester satu, saya diminta untul membuat pendahuluan untuk alur administrasi penanganan pasien rawat inap dipuskemas, saya juga menjelaskan tentang apa itu rekam medis dan menurut saya, itu juga termasuk didalamnya. inilah hasil dari tugas saya, saya kutip dari bebagai macam webside, tetapi sebagian besar adalah hasil pribadi saya sendiri. demikian tugas yang daya buat :)
@dhiika_Lp

0 komentar:

Posting Komentar

thanks

 
Support : Divoware Team
Copyright © 2014. Dhika Latifiani - All Rights Reserved